Hotline: +6221 769 09 31

Manfaat Air Rebusan Jagung Manis untuk Kesehatan

Manfaat Air Rebusan Jagung Manis untuk Kesehatan

Manfaat Air Rebusan Jagung Manis untuk Kesehatan

Biji jagung memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sekitar 80%. Dalam 100 gram biji jagung dapat ditemukan kandungan kalori 355 kal, karbohidrat 73,3 gram, lemak 3,9 gram, protein 99,2 gram, vitamin A 51 SI, vitamin B1 0,38 mg, ferrum 2,4 mg, kalsium 10 mg dan fosfor 256 mg.

Manfaat jagung selain sebagai makanan pokok dan pakan ternak juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti batu ginjal, batu empedu, tekanan darah tinggi, diabetes, dan mengatasi kebiasaan mengompol anak. Berikut cara penggunaan air rebusan jagung sebagai obat !

1. Batu ginjal

Caranya, siapkan 4 tongkol jagung muda beserta rambutnya sebanyak 1 genggam dan daun keji beling yang masih segar 8 helai. Kemudian, rebus semua bahan tersebut dengan 110 ml air. Saring air rebusan tersebut, dan minum setiap hari. Apabila batu ginjal yang berbentuk butiran mirip kerikil dan berbuih keluar, hentikan mengkonsumsi ramuan ini, dan beralihlah dengan mengkonsumsi daun kumis kucing dan meniran. Cara membuatnya cukup mudah dengan menyeduh daun kumis kucing dan daun meniran 30 gram menggunakan air panas, kemudian minum airnya saja.

2. Diabetes

Caranya dengan meminum air rebusan jagung tanpa dipisahkan dari tangkainya secara rutin, dua atau tiga kali dalam seminggu. Karena jagung memiliki rasa manis yang alami yang baik untuk penderita diabetes. Sekarang sudah banyak produk gula yang menggunakan sari pati jagung sebagai pemanis pelengkap teh dan kopi.

3.Batu empedu

Caranya, ambil 5 tongkol jagung muda dan 5 gram kumis kucing segar. Kemudian rebus kedua bahan tersebut dengan 110 ml air. Saring dan minum setiap hari selama dua minggu.

4. Mengatasi kebiasaan mengompol anak

Caranya dengan meminum secangkir seduhan rambut jagung setiap sebelum tidur. Namun perlu dieperhatikan, jangan berlebih dalam mengkonsumsinya karena air seduhan rambut jagung juga dapat menurunkan tekanan darah secara drastis. Sehingga cocok juga bagi yang menderita tekanan darah tinggi.

5. Tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Caranya dengan merebus 5-7 tongkol jagung muda dan rambutnya sebanyak 1 genggam dengan 110 ml air. Saring dan minum air rebusan tersebut selama seminggu.

6. Menurunkan kolesterol tinggi

Kolesterol ternyata secara alami bisa disembuhkan dengan air rebusan tongkol jagung yang masih muda. Air rebusan dari jagung tersebut memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan seperti flavonoid, senyawa fenol dan antioksidan. Senyawa antioksidan mampu membantu memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh sementara flavonoif digunakan untuk mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah sehingga menghindarkan seseorang dari resiko terkena jantung koroner. Berikut ini cara mengolahnya:

- Cuci 3 tongkol jagung tanpa terlebih dahulu dikupas
- Rebus tongkol jagung ke dalam kurang lebih 10 gelas air
- Biarkan airnya hingga mendidih dan sisakan 8 gelas
- Konsumsi air rebusan tersebut untuk diminum satu hari.

Untuk hasil yang maksimal, minum air rebusan jagung setiap hari secara rutin.

Semoga tips ini bermanfaat. Silahkan berikan komentar anda mengenai artikel tentang Tips-tips ini! Setelah itu jangan lupa untuk membagikan info ini kepada sahabat dan keluarga anda dengan cara klik tombol "Likes" atau Share di MedSos anda agar mereka tahu info ini :), terima kasih @www.rumahbrand.com

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code